Indonesia (belum) Merdeka

Kata “merdeka” menurut kamus bahasa Indonesia yaitu bebas dari penjajahan dan penyembahan.kalau kita mendefinisikan kata “merdeka” dalam lingkup yang luas, maka kita akan mendapatkan bahwa Indonesia saat ini masih dalam penjajahan dan penyembahan.dalam artian, kita disini mendefinisikan penjajahan bukan hanya dalam artian menguasai dan memerintah suatu negeri , akan tetapi lebih luas dari arti aslinya. hingga akhirnya yang ada pada benak saya saat ini bahwa

”indonesia belum merdeka” penjajahan di Indonesia belum 100% musnah, diantaranya penjajahan terhadap kultur dan budaya. Bentuk penjajahan yang semacam ini saya umpamakan dengan penyakit AIDS, awal mulanya tak berdampak apa-apa tapi finisnya bisa merenggut nyawa seseorang.

saat ini kita tidak pernah merasakan adanya budaya luar yang masuk, tapi pada kenyatannya budaya itu telah merenggut budaya kita perlahan-lahan.hal semacam itu menyebabkan budaya kita akan mati dan Negara kita akan menjadi Negara yang tidak berbudaya.

Penjajahan model tersebut menyerang kita dalam 3 aspek.,

Pertama: style, mereka menjajah kita pertama kali denagn gaya pakaian kita, karena menurut mereka pakaian adalah symbol dari suatu bangsa.mereka merobek pakaian adat kita dan menggantinya dengan pakaian adatnya.mereka dengan tega mengganti kebaya dengan rok mini.

Kedua: pemikiran, penjajahan ini sebenarnya telah dilancarkan sejak tahun 80-an, tapi akhir-akhir ini penyerangan model ini mulai marak kembali. mereka dengan lihainya mengadudomba suatu golongan antara kita.lihat saja umat islam dipecah belah hingga akhirnya tak jarang sesama muslim harus terlibat adu fisik. Seperti itulah mereka menyerang kita.

Ketiga: financial, penjajahan model terakhir ini merupakan serangan yang paling ampuh,yaitu pada sektor ekonomi, saya katakan ampuh disini karena ekonomi merupakan titik inti dari suatu bangsa.suatu bangsa bisa dikatakan maju apabila ekonominya berkembang, sebaliknya apabila ekonominya lemah maka yang terjadi adalah kemunduran bangsa tersebut.

“Indonesia belum merdeka”, terbukti pada akhir tahun 2004 jumlah penyandang buta huruf di Indonesia tercatat 10,5% dari total penduduk Indonesia. Dijelaskannya, sebagian besar buta huruf terjadi pada kaum perempuan yakni sebanyak 13,5%. Dan ini selaras dengan meningkatnya anak-anak jalanan dan pengangguran di Indonesia, seakan-akan pemerintah kita telah tutup mata denagn problem seperti ini.meskipun pada tahun 2006 Mendiknas Bambang Sudibyo menyatakan, pemerintah optimistis bisa menekan angka buta huruf hingga tinggal 5% pada 2007.tapi itu hanya menjadi opini saja tanpa ada realisasi yang pasti. Padahal pendidikan merupakan ujung tombak dari suatu bangsa yang berkembang, bagaimana bisa dikatakan bangsa itu berkembang kalau masalah pendidikan saja pemerintah tidak becus.

“Indonesia belum merdeka”, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) secara resmi mengumumkan jumlah penduduk miskin pada tahun 2007 menjadi 37,17 juta orang atau 16,58 persen dari total penduduk Indonesia. Dan hal semacam ini menyebabkan banyaknya anak-anak yang putus sekolah karena mereka lebih mementingkan kelangsungan hidup mereka dari pada harus sekolah.seakan-akan pemerintah kita tidak pernah mendapatkan solusi dalam menanggulangi tingkat kemiskinan penduduknya. Yang ada malah masyrakat miskin bertambah dan gaji pemerintah melangit. Padahal Pengentasan kemiskinan dan kebodohan memerlukan upaya yang sungguh-sungguh dengan satu sistem pendidikan nasional yang harus kita persiapkan secara matang agar mampu mengantisipasi tantangan masadepan.

Terakhir, semoga bangsa kita dapat ke luar dari penjajahan yang berkepanjangan ini, dan dapat segera memenangkan perjuangan untuk tetap memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa. Perjuangan untuk membangun Indonesia baru memerlukan kerja keras dan motivasi yang tinggi seluruh komponen anak bangsa dari Sabang hingga Merauke.supaya tidak ada lagi teriakan-teriakan yang mengatakan bahwa”Indonesia belum merdeka”,

2 Responses to Indonesia (belum) Merdeka

  1. kita belum berdaulat secara ekonomi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: